Sabtu, 14 April 2012

Pendahuluan

Takokak (Solanum torvum)
    Indonesia telah menggunakan tumbuhan sebagai bahan untuk mencegah atau mengobati penyakit, berbagai macam tumbuhan telah digunakan sebagai bahan obat yang dikenal dengan jamu. Menurut survey Nasional tahun 2010 terdapat sekitar 49,53% masyarakat Indonesia yang memanfaatkan obat tradisional untuk mencegah atau mengobati penyakit dan penggunaanya mengalami peningkatan. Pencarian sumber tumbuhan yang berkhasiat obat harus diikuti dengan pelestarian guna menjaga ketersediaan bahan yang memadai.
    Indonesia sebagai kawasan dengan keragaman hayati yang memiliki potensi besar dalam pengambangan produk obat tradisional. Penelitian terhadap pengembangan produk bahan alam dan penggunaan beserta bukti ilmiah perlu terus ditingkatkan, karena itu penggalian dan pelestarian beberapa tumbuhan yang mulai punah harus ditingkatkan agar dapat dimanfaatkan lebih lanjut.
    Pencarian sumber tumbuhan yang berkhasiat obat harus diikuti dengan pelestarian guna menjaga ketersediaan bahan yang memadai. Penanganan pascapanen perlu menjadi perhatian agar kualitas tumbuhan yang menjadi sumber bahan baku obat tradisional tetap terjaga.
Sirsak (Annona muricata)

    Topik khusus dalam pertemuan ini adalah mengenai tumbuhan Sirsak (Annona muricata L.) dan Takokak (Solanum torvum Swartz.).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar